Memberdayakan Generasi Masa Depan: Menanamkan Pentingnya Pengelolaan Sampah & Keamanan Siber Kepada Anak-Anak di SOS Children’s Villages

Posted by on Juli 2, 2024 in Berita & Acara, ESG

Jakarta, 02 Juli 2024 – PT Impack Pratama Industri Tbk (Impack) kembali melaksanakan proyek Creating Shared Value (CSV) melalui pengajaran tentang pengelolaan sampah plastik yang baik dan keamanan siber di salah satu fasilitas SOS Children’s Villages di Cibubur, Jakarta Timur. Inisiatif ini dilakukan bekerja sama dengan PT Sasa Inti (Sasa), Gerakan Pasti, dan Yayasan Ketahanan Perempuan & Anak (WCR) Indonesia.

Permasalahan sampah plastik telah menjadi masalah global yang mendesak, karena sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik dapat merusak lingkungan dan ekosistem laut, serta menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia melalui mikroplastik. Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam pemrosesan polimer menjadi bahan bangunan yang inovatif, Impack turut mengambil peran dengan memanfaatkan limbah plastik paska konsumsi dalam produk bangunannya, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah plastik yang bertanggung jawab.

Pada program kali ini, Impack mengedukasi anak-anak dan staf di SOS Children’s Villages. Berbagai topik dibahas seperti pengkategorian sampah, pengelolaan sampah plastik, dan peran setiap individu dalam mempertahankan nilai intrinsik dari sampah plastik tersebut agar dapat digunakan kembali melalui proses daur ulang/daur naik.

Untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, anak-anak juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung memilah sampah plastik. Impack berharap praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab ini dapat diadopsi dan terus diterapkan oleh anak-anak seiring bertambahnya usia mereka.

Anak-anak belajar memilah berbagai jenis sampah plastik.
Anak-anak belajar memilah berbagai jenis sampah plastik.
Kategori plastik yang harus dipilah oleh anak-anak.
Kategori plastik yang harus dipilah oleh anak-anak.
Anak-anak memasukkan sampah ke dalam kotak yang sesuai berdasarkan jenis plastiknya.
Anak-anak memasukkan sampah ke dalam kotak yang sesuai berdasarkan jenis plastiknya.

WCR Indonesia juga turut berkontribusi dengan memberikan sosialisasi akan pentingnya keamanan siber dan bagaimana menavigasi dunia digital dengan aman. Topik-topik seperti penjagaan informasi pribadi dan pentingnya memiliki kata sandi yang kuat untuk akun media sosial juga dipaparkan. Pada akhir acara, anak-anak diberikan makan siang bergizi yang disediakan oleh Sasa.

Sesi tentang keamanan siber yang dibawakan oleh Women & Children Resilience (WCR) Indonesia.
Sesi tentang keamanan siber yang dibawakan oleh Women & Children Resilience (WCR) Indonesia.

Secara total, proyek ini memberikan manfaat kepada 102 anak dan 46 staf di SOS Children’s Villages, Cibubur. Impack, Sasa, Gerakan Pasti, dan WCR Indonesia berharap ilmu dan pengalaman yang dibagikan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dan memberikan dampak positif jangka panjang dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Tentang SOS Children’s Villages
SOS Children’s Villages merupakan sebuah organisasi pengembangan internasional yang independen, non-pemerintah, dan nirlaba yang didirikan pertama kali di Austria tahun 1949. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak yang tidak memiliki pengasuhan orang tua atau berisiko kehilangan hak pengasuhan tersebut. Kehadiran SOS Children’s Villages di Indonesia dimulai sejak tahun 1972 di Lembang, Bandung, dan kini telah beroperasi di 11 lokasi di Indonesia, dari Banda Aceh hingga Flores.