kanopi minimalis kolam renang atap transparan solartuff

Aplikasi Kanopi SolarTuff pada Kolam Renang

Posted by on September 26, 2023 in Blog, Inspirasi

Penggunaan kanopi kolam renang menawarkan ragam keuntungan dibandingkan jenis material atap lainnya. Pastikan Anda memilih material kanopi yang tepat dan sesuai situasi dan kondisi untuk menghadirkan atap kolam renang berkualitas dan tahan lama.

Keuntungan Kolam Renang Dipasang Kanopi

Mengapa memilih menggunakan kanopi kolam renang, bukannya atap bangunan biasa seperti pada umumnya?

Karena kolam renang yang menggunakan kanopi memiliki ragam keuntungan yaitu:

  • Melindungi dari sinar UV yang berbahaya, terutama bila Anda menggunakan kanopi yang dilengkapi dengan lapisan anti UV.
  • Kanopi atau atap kolam renang transparan memungkinan cahaya matahari tetap masuk dengan leluasa.  
  • Melindungi kolam dari faktor eksternal seperti hujan ataupun angin kencang.
  • Menjaga suhu air di kolam agar tetap hangat dan nyaman. Penggunaan kanopi yang melindungi dari faktor eksternal membantu Anda dalam menghemat penggunaan energi.

Kriteria Pemilihan Material

Bagaimana cara memilih jenis atap kanopi kolam renang terbaik untuk kebutuhan Anda? 

Penggunaan material yang tepat merupakan kunci utama dari pemilihan kanopi. Pemilihan material dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek yaitu:

  • Jumlah layer (lapisan)
atap polycarbonate solartuff twinlite
Single Layer vs Double Layer

Pilihan material atap kolam renang umumnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu material dengan 1 layer atau 2 layer. Material 1 layer atau single wall seperti SolarTuff dapat dipilih apabila menginginkan tampilan yang minimalis sedangkan material 2 layer atau double wall seperti atap TwinLite dan EZ-Lock dapat meredam panas matahari sehingga suhu terasa lebih nyaman.

  • Material dasar kanopi

Anda dapat memilih kanopi yang terbuat dari Polycarbonate, PVC, uPVC, atau kaca. 

Material kaca terlihat cantik dan elegan, namun proses instalasinya cukup sulit dan rentan pecah.

solarflat kuat keuntungan menggunakan polycarbonate untuk rumah minimalis
Kekuatan Atap Polycarbonate SolarTuff

Material Polycarbonate pada atap SolarTuff 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca dan dijamin awet serta tahan lama hingga 15 tahun.

Pilihan lainnya adalah material PVC dengan harga yang lebih ramah di kantong, atau material uPVC yang lebih adem dengan karakteristik semi transparan.

  • Warna kanopi kolam renang

Pemilihan warna atap kolam renang dilakukan bukan hanya berdasarkan selera. Perhatikan juga kemampuan transmisi cahaya dan panas dari atap tersebut.

warna polycarbonate solartuff corrugated gelombang
Warna Polycarbonate SolarTuff

Produk atap Polycarbonate SolarTuff dan TwinLite tersedia dalam berbagai pilihan warna dengan fitur transmisi cahaya dan panas yang berbeda. Untuk area kolam renang, Anda dapat memilih warna SolarTuff dengan transmisi cahaya dan panas yang tinggi untuk menciptakan area yang terang benderang dan tetap hangat. Anda juga dapat memadukan antara beberapa warna sekaligus untuk tampilan yang lebih menawan.

  • Area kolam renang

Pemilihan atap kolam renang yang berlokasi di dekat pantai atau daerah berangin tentu berbeda dengan daerah di pegunungan. Material kanopi kolam renang Polycarbonate seperti SolarTuff sangat cocok untuk area tersebut. Polycarbonate dikenal anti korosi serta kuat dan tahan terhadap benturan seperti angin kencang.

  • Model atap kolam renang
kanopi lengkung taman terbaru
Atap Lengkung Polycarbonate

Model atap seperti apa yang Anda inginkan? Bila Anda menginginkan tampilan yang dinamis dengan atap kanopi lengkung, pastikan untuk memilih material kanopi yang lentur dan fleksibel seperti Polycarbonate. Material tersebut bisa dilengkungkan dengan batas radius lengkung tertentu tanpa khawatir pecah ataupun patah.

Inspirasi Kanopi Kolam Renang

Berikut ini adalah beberapa inspirasi kanopi kolam renang untuk Anda:

aplikasi kanopi kolam renang solartuff atap polycarbonate transparan
Kanopi Kolam Renang menggunakan Atap Polycarbonate SolarTuff
kanopi kolam renang atap transparan
Kanopi Kolam Renang dengan Atap Transparan. Sumber: mettavidros.com
kanopi kolam renang atap transparan
Kolam Renang Indoor dengan Atap Transparan. Sumber: pinterest.com

Pertimbangan dalam memilih atap kolam renang ini juga dapat pergunakan dalam memilih atap untuk kolam ikan. Jangan sampai salah pilih, karena akan berpengaruh pada perkembangbiakan ikan, terutama dari sisi transmisi cahaya dan transmisi panas material.

Impack Pratama dengan ragam produk atap transparan menyediakan pilihan kanopi kolam renang untuk semua kebutuhan. Konsultasikan secara langsung dengan tim kami untuk mendapatkan produk terbaik sekarang juga melalui Formulir Online atau menghubungi kami di nomor WhatsApp 081802951030.