kanopi sliding buka tutup solartuff solid solarflat

Inspirasi Kanopi Sliding Modern Buka Tutup

Posted by on August 29, 2023 in Blog, Inspirasi

Kanopi adalah jenis atap atau struktur di atas kepala yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap panas terik matahari ataupun terpaan hujan. Pilihan tipe kanopi yang tersedia saat ini sangat beragam baik dari segi material hingga cara pengoperasiannya. Salah satu tipe yang sedang populer belakangan ini adalah kanopi sliding atau kanopi geser.  

Yuk, kenali lebih lanjut tentang canopy sliding mulai dari jenis-jenisnya, material, cara pemasangan, serta harganya:

Jenis Material untuk Kanopi Sliding

Pilihan material untuk jenis kanopi ini adalah:

Polycarbonate

Polycarbonate adalah material ringan dan anti retak yang umum dipergunakan sebagai atap kanopi. Material ini menawarkan fitur perlindungan terhadap sinar UV, daya tahan yang lama, tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tingkat transparansi.

Bagi Anda yang menginginkan privasi maksimal bisa menggunakan atap SolarTuff Solid atau SolarFlat tipe embossed/buram. Namun, bila Anda lebih menyukai tampilan yang terang tapi lebih sejuk, maka atap TwinLite dengan struktur rongga udara adalah pilihan terbaik.

uPVC

uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) adalah material atap sliding yang kuat, tahan lama, ringan, serta memiliki kemampuan untuk meredam panas dan suara untuk kenyamanan maksimal. Atap uPVC Alderon dengan ragam varian, salah satu varian semi transparan, bisa jadi merupakan jawaban untuk kebutuhan Anda.

Fiberglass

Fiberglass adalah material yang ringan, memiliki daya tahan tinggi terhadap faktor lingkungan, fleksibel untuk dibentuk ke dalam ragam bentuk dan desain, tahan terhadap cuaca, tahan api, dan dapat meredam panas.

Kaca

Kaca termasuk material yang dapat dipergunakan sebagai atap. Dibalik tampilan yang mewah, Anda perlu lebih berhati-hati dengan material ini. Kaca sebagai atap geser terbilang rapuh bila dibandingkan material lain, terutama dalam menghadapi cuaca ekstrem. Sifatnya yang transparan juga kurang mendukung privasi pengguna.

Jenis Kanopi Sliding

Berdasarkan cara kerjanya, kanopi model sliding dibedakan menjadi:

Manual

kanopi sliding geser buka tutup manual
Kanopi Sliding Buka Tutup Manual menggunakan SolarTuff Solid/SolarFlat. Sumber: YouTube

Tipe kanopi geser manual mengacu pada jenis atap yang dioperasikan secara manual baik dengan cara digeser atau diputar menggunakan katrol. Sistem atau alat bantu yang diperlukan untuk mengoperasikannya adalah roda, rel, dan tali.

Kanopi atap sliding manual seperti pada gambar di atas dapat dikombinasikan dengan varian warna hitam transparan yang terlihat elegan namun tetap memberikan akses masuk cahaya matahari.

Otomatis

kanopi sliding otomatis remote control
Kanopi Sliding Buka Tutup Otomatis. Sumber: YouTube

Tipe kanopi geser otomatis mengacu pada jenis atap yang dioperasikan secara otomatis, cukup dengan menekan tombol. Sistem yang dipergunakan:

  • Menggunakan remote control
  • Menggunakan remote control + modul WiFi, atau dapat juga dengan koneksi ke Smartphone.

Contoh Kanopi Atap Sliding

kanopi sliding manual alderon semi transparan
Kanopi Sliding menggunakan Alderon Semi Transparan. Sumber: YouTube @KaryaSarana

Kanopi atap sliding manual varian semi transparan dengan tali penggerak yang dapat ditarik untuk membuka atau menutup atap sesuai kebutuhan. Desain kanopi minimalis ini cocok untuk hunian modern masa kini.

Kelebihan Kanopi Sliding

Ketahui juga ragam kelebihan kanopi atap sliding untuk hunian Anda:

  • Hemat tempat. Jenis atap kanopi ini tidak membutuhkan ruang tambahan untuk penyimpanan.
  • Kelebihan kanopi transparan lainnya adalah cukup fleksibel dalam penggunaan. Anda dapat membuka atau menutup kanopi untuk menyesuaikan asupan cahaya matahari yang masuk.
  • Aliran udara di rumah mengalir lancar. Pastikan udara dapat keluar masuk dengan leluasa dengan menggeser kanopi tersebut.
  • Menambah nilai hunian. Atap sliding dapat menambah nilai jual dari sebuah properti.

Cara Membuat Kanopi Sliding

Secara umum, cara membuat kanopi sliding terbagi menjadi 3 bagian yaitu persiapan, proses pemasangan, dan pasca pemasangan. Hindari kesalahan pasang kanopi dengan mengikuti langkah-langkahnya:

  • Proses persiapan meliputi:
    • Menyiapkan komponen kanopi berupa lembaran atap kanopi, rangka, dan stabilizer
    • Menyiapkan peralatan seperti mur, baut, dan meteran.
  • Proses pemasangan meliputi:
    • Pemasangan kolom-kolom atau rangka atap kanopi
    • Memastikan rangka sudah terpasang dengan benar
    • Mengaitkan kanopi pada rangkanya
    • Memasang stabilizer sebagai pengunci akhir kanopi.
    • Pengecekan cara kerja
  • Pasca pemasangan, mengacu pada proses pemeliharaan dan pembersihan secara berkala.

Harga Kanopi Sliding

Berapa biaya kanopi yang harus Anda keluarkan?

Harga kanopi sliding akan berbeda tergantung pada beberapa aspek yaitu tipe material yang dipergunakan, cara kerja sliding, dan luas area yang akan dipasang. Untuk kebutuhan retail, Anda bisa mengecek langsung harganya di toko online Tokopedia dan Shopee.

Untuk kebutuhan khusus seperti proyek ataupun kebutuhan lainnya di luar Jabodetabek, hubungi tim Impack Pratama melalui Formulir Online.

Sebagai gambaran kasar, biaya kanopi sliding otomatis berkisar di angka

  • Rp. 4.500.000 (remote control)
  • Rp. 6.000.000 (remote control) + switch Wi-Fi (remote control dari HP)

Ingin mengaplikasikan kanopi sliding buka tutup juga seperti di atas namun masih bingung menentukan produk kanopi mana yang cocok? Silakan hubungi Customer Care kami melalui WhatsApp atau Formulir Online.