acp alcotuff dinding bangunan

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih ACP

Posted by on July 28, 2023 in Blog, Tips

Anda ingin memberikan tampilan yang lebih wah dan estetik pada area interior, eksterior, ataupun fasad bangunan? Material ACP atau Aluminium Composite Panels merupakan salah satu jawabannya.

Popularitas material atau bahan ACP semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini, berkat tampilan yang wah, kualitas yang tahan lama, serta kemudahan dalam proses pemasangan dan pemeliharaan. Seiring dengan meningkatnya popularitas ACP, pilihan produk dan brand yang ada di pasaran juga semakin meningkat. Dari sekian banyak pilihan yang tersedia, bagaimana cara Anda memilih merk ACP yang tepat dan sesuai kebutuhan?

Pemilihan yang tepat akan memberikan hasil terbaik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih ACP panel untuk kebutuhan hunian ataupun tempat usaha:

Area Penggunaan

Pertimbangan pertama dalam memilih Aluminium Composite Panel adalah area penggunaannya. Hal ini erat kaitannya dengan tingkat ketebalan dan tipe atau jenis ACP tepat.

acp alcotuff pvdf coating teraplikasi outdoor
ACP Alcotuff Dilapisi X-TRA Durable PVDF

Jenis ACP panel yang menggunakan PVDF coating lebih cocok dipergunakan untuk area outdoor sementara jenis panel dengan PE coating lebih tepat untuk penggunaan indoor. ACP panel Alcotuff menggunakan PVDF coating dengan ketebalan 4 mm sehingga cocok diaplikasikan sebagai external cladding dan fasad bangunan. Sementara ACP panel Alcotuff Eco dengan PE coating memiliki pilihan ketebalan 3 dan 4 mm, cocok untuk kebutuhan indoor Anda.

Hal ini menegaskan bahwa area yang berbeda menggunakan jenis ACP yang berbeda pula. Area outdoor yang terpapar elemen alam secara otomatis membutuhkan panel yang lebih tebal, dengan lapisan pelindung khusus, untuk menunjang kekuatan dan daya tahannya. Sementara area indoor dapat menggunakan panel yang lebih tipis dan ringan, tanpa mengkompromikan kekuatan dan tampilannya.

Kualitas Panel ACP

Pastikan untuk memilih ACP panel berkualitas. Kualitas ini terlihat dari tampilan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh produk tersebut. Panel yang berkualitas memiliki permukaan yang datar, mulus, tidak pecah, dan tidak bergelombang.

acp alcotuff tahan api untuk fasad rumah dan bangunan
ACP Alcotuff Memiliki Fire Safety Requirement sebagai ACP yang Tahan Api

ACP panel berkualitas juga memiliki fitur unggulan seperti daya tahan yang kuat, anti gores, tahan terhadap paparan cuaca, warna yang tahan lama, serta menawarkan kemampuan insulasi dan vibrasi untuk kenyamanan setiap orang. 

Warna, Tekstur, dan Finishing Panel

Jangan mengabaikan ketiga aspek ini dalam pemilihan cladding ataupun atap ACP. ACP panel menghadirkan daya tarik secara visual yang menarik perhatian setiap mata yang memandangnya. 

katalog acp alcotuff tebal 0,5 mm
Pilihan Warna ACP Alcotuff

Pilihan warna, tekstur, dan finishing untuk aluminium composite panel sangat beragam. Finishing dengan tampilan matte dan glossy menghadirkan kesan yang berbeda. Sementara tekstur dan warna panel ACP menyesuaikan dengan image brand atau perusahaan yang menggunakan panel tersebut. Untuk kebutuhan pribadi, warna dan ACP motif yang dipergunakan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna.

Sertifikasi Produsen ACP

Selain kualitas produk, perhatikan juga kualitas dari produsen dan penyedia produk aluminium composite panel tersebut. Produsen yang terpercaya memiliki sertifikasi dari lembaga-lembaga tertentu sebagai bukti bahwa produk-produk mereka telah lulus uji kualitas sehingga aman untuk dipergunakan.

sertifikat green label indonesia impack pratama acp alcotuff gold

Sertifikasi ISO 9001 menunjukkan kualitas manajemen sistem sementara ISO 14001 mengacu pada sistem manajemen lingkungan. Sementara sertifikasi Green Label dipastikan memenuhi persyaratan produk yang ramah lingkungan.

Impack Pratama sebagai produsen dari produk aluminum composite panel dengan brand Alcotuff dan Decobond mengusung kedua sertifikasi tersebut, beserta dengan beberapa sertifikasi dan penghargaan lain yang menjadi bukti dari kualitas produk-produk mereka.

Kesimpulan

Informasi tentang hal-hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam memilih Aluminium Composite Panel akan membantu Anda menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Pertimbangan-pertimbangan tersebut akan membawa Anda untuk menemukan produk ACP panel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, untuk hasil yang memuaskan. Segera konsultasikan kebutuhan ACP Anda dengan tim profesional kami melalui Formulir Online.