panel dinding interior acp decobond

Inspirasi Panel Dinding Interior yang Estetik dan Terjangkau

Posted by on April 13, 2023 in Blog, Inspirasi

Panel dinding atau wall panel bisa menjadi cara lain untuk mendekorasi interior menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Tidak hanya sekadar menambah aksen, panel dinding juga bisa digunakan untuk menutupi bagian dinding yang rusak atau kurang rapi, lho. Penggunaan panel dinding juga kerap dipilih untuk membuat tampilan rumah lebih mewah dan modern.

Mau tahu lebih dalam tentang panel dinding? Yuk, simak ulasan lengkapnya mulai dari pengertian, fungsi, pilihan material, dan inspirasi penggunaannya.

Apa Itu Panel Dinding?

Panel dinding adalah selembar papan berbentuk rata dan tipis yang sudah dibentuk dalam potongan lembaran persegi panjang yang berfungsi untuk menutupi permukaan dinding, baik secara keseluruhan ataupun sebagian.

Ada beragam jenis corak dan bentuk panel dinding yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Material yang bisa digunakan pun cukup beragam dengan ketebalan yang bisa disesuaikan, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya arsitektur yang diinginkan.

Dibandingkan dengan penggunaan cat atau wallpaper, pemasangan panel dinding memang membutuhkan keahlian dan perhatian lebih. Hal ini penting agar panel tidak cepat rusak dan tidak terkena kelembaban berlebih yang bisa membuatnya membusuk dan hancur. Harga panel dinding interior juga masih cukup terjangkau, tergantung pada material yang kamu pilih.

Fungsi Panel Dinding

Untuk apa sih menggunakan panel dinding? Ada banyak fungsi dan kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan wall panel. Berikut di antaranya.

  1. Sebagai pelapis atau penutup dinding yang bisa memberikan tampilan estetik pada ruangan
  2. Sebagai pengganti dinding konvensional yang lebih mudah dan cepat dalam pemasangan
  3. Bisa menjadi isolator suara dan thermal untuk meningkatkan kenyamanan ruangan
  4. Melindungi dinding dari kerusakan fisik seperti goresan, jamur, dan kelembapan
  5. Memberi keamanan tambahan pada dinding dengan menggunakan material yang tahan api dan gempa bumi
  6. Tersedia banyak pilihan bahan dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya arsitektur
  7. Mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan dinding secara berkala
  8. Bisa diaplikasikan pada bagian dalam atau luar bangunan
  9. Meningkatkan nilai estetika dan nilai jual bangunan karena memiliki tampilan yang menarik dan modern
  10. Menutupi kerusakan pada tembok sekaligus mencegah tembok rusak

Jenis Bahan untuk Panel Dinding

Berikut adalah beberapa jenis panel dinding terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik interior bangunan.

1. MDF (Medium Density Fiberboard)

panel dinding mdf
Panel Dinding MDF. Sumber: hollandstyle.de

MDF adalah salah satu jenis wall panel yang memiliki lapisan melamin pada bagian atasnya. Material ini terlihat seperti lantai keramik pada umumnya. MDF juga memiliki kerutan garis yang menyerupai celah yang ada pada keramik.

2. PVC (Polyvinyl Chloride)

panel dinding pvc
Panel Dinding PVC. Sumber: theinteriorsaddict.com

Panel dinding PVC memiliki permukaan yang padat dan tergolong mudah dibersihkan. Material ini juga terkenal tahan dalam menahan benturan, lho. Tampilannya yang beragam sangat cocok digunakan sebagai dekorasi panel dinding ruang tamu kamu.

3. ACP (Aluminium Composite Panel)

Panel ACP terbuat dari polyethylene core sandwiched di antara dua lembar aluminium. Produk ini dikenal memiliki daya tahan yang kuat, ringan, serta memiliki banyak variasi ketebalan. Panel aluminium dinding ini memiliki tampilan permukaan yang terlihat seperti motif kayu dan bebatuan.

acp motif kayu decobond wd93 pada kamar tidur
Panel Dinding ACP Decobond

Untuk mendapatkan panel ACP, kamu bisa langsung membelinya di Decobond. Ada beberapa kelebihan interior panel dinding Decobond yaitu:

  • Tahan Air & tahan rayap
  • Permukaan yang rata
  • Ringan sekaligus ekonomis
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur permukaan
  • Tidak menghantarkan panas dan suara
  • Arsitektur yang fleksibel
  • Sangat mudah dikerjakan

Inspirasi Penggunaan Panel Dinding

Nah setelah mengetahui seluk-beluk tentang panel dinding, sekarang coba lihat beberapa inspirasi penggunaannya pada interior berikut ini.

1. Panel dinding colorful

Panel dinding memiliki beragam motif, bentuk, dan ukuran. Tidak hanya berbentuk rata dan tipis, panel dinding ini juga bisa berbentuk 3D seperti panel dinding heksagonal yang satu ini. Dinding polos berwarna gelap dihiasi dengan panel dinding heksagonal warna-warni yang menambah kesan ceria ke dalam ruangan.

Apabila kamu suka dengan suasana yang cerah dan colorful, dinding panel interior ACP Decobond bisa jadi pilihan yang pas. Ada banyak pilihan warna indah yang bisa kamu pilih di katalog ACP Decobond lalu kombinasikan sesuai kebutuhan. Contohnya pada gambar di bawah ini yang menggunakan panel dinding toilet anti-mainstream warna-warni.

panel dinding interior acp decobond toilet colorful
Panel Dinding Colorful ACP Decobond

2. Panel motif kayu

Panel dinding kayu termasuk ke dalam salah satu jenis panel arsitektur yang paling sering digunakan. Motif dan warnanya yang timeless cocok digunakan pada berbagai gaya ruangan. Tampilan kayu juga bisa memberikan kesan kalem, sejuk, dan menenangkan ke dalam ruangan.

acp motif kayu decobond pada dinding
Panel Dinding Interior ACP Decobond Motif Kayu

Panel kayu umumnya digunakan sebagai backdrop panel di kamar tidur atau ruang keluarga sebagai titik fokus ruangan.

3. Panel dinding pada tempat usaha

panel dinding interior acp decobond red glossy
Panel Dinding Interior ACP Decobond Warna Red Glossy

Selain digunakan pada hunian, panel dinding juga biasa diaplikasikan sebagai backdrop di tempat usaha. Lihat saja salah satu kedai Mixue ini yang menggunakan ACP red glossy sesuai dengan warna branding dari kedai ini. Finish dari ACP ini mengkilap sehingga membuat tampilan toko lebih mewah dan cerah.

Tertarik untuk mengaplikasikan panel dinding ke hunian atau tempat usaha kamu? Silakan mengisi formulir online atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan. Anda juga bisa check out ACP Decobond melalui Tokopedia.